Kamis, 15 Maret 2007

Februari 2007: TAM Dominasi Segmen Sedan

Meski Jakarta dilanda banjir yang sempat melumpuhkan perekonomian nasional, namun Toyota Astra Motor (TAM) masih tetap memimpin pasar otomotif nasional di berbagai produk, khususnya segmen sedan.

Di bandingkan dengan bulan sebelumnya, di segmen Camry tetap menjadi market leader di bulan Februari 2007 dengan penguasaan market share jauh di atas pesaing-pesaingnya, yaitu 73,7% (terjual 255 unit), yang meningkat 4 kali dibandingkan penjualan bulan Januari. Demikian juga, Vios (terjual 249 unit, 25,3 market share) dan Corolla Altis (terjual 122 unit, 23,3% market share) yang terjual hampir 4 kali jumlah penjualan sebelumnya.

Sedang Toyota Yaris mengalami penjualan yang mengesankan dengan kenaikan hampir 7 kali lipat dibandingkan bulan yang lalu, dengan total penjualan 679 unit atau 29,3% pangsa pasar.

Secara total, penjualan TAM Februari lalu sebesar 8.507 unit dan mendominasi pasar sebesar 33.8% (Suzuki (14,7%), Honda (14,1%)), sementara pasar otomotif nasional sebesar 23.812 unit, turun 11% dari bulan sebelumnya.

Pada pasar kendaraan 4x2, jumlah penjualan nasional mencapai 16.282 unit, segmen terbesar dalam komposisi market nasional. Bulan Februari Toyota mendominasi penjualan di segmen ini dengan 43,1% pangsa pasar (7.014 unit). Penjualan tersebut didukung oleh Avanza (3.941 unit, 52,4% market share) dan Kijang Innova (1.478 unit, 69,5% market share) yang selalu menjadi pemimpin di kelasnya. Sementara Toyota RUSH, bulan lalu mencetak angka penjualan sebesar 848 unit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar