VIOS memimpin pasar di kelas mini sedan dengan membukukan angka penjualan dan pangsa pasar di atas para pesaing nya dengan penjualan sebesar 522 unit (55.9% m/s). Di bulan Agustus ini Toyota tetap menjadi market leader di pasar otomotif nasional dengan total angka penjualan sebesar 18.804 unit (32,1%). Produk Toyota yang juga memimpin pasar di kelas nya antara lain All New Camry yang mencatatkan angka penjualan dan pangsa pasar di atas para pesaingnya sebesar 245 unit (38,1%).
Total penjualan nasional selama bulan Agustus 2008 adalah 58.489 unit, meningkat 141% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dilihat dari komposisi market, Toyota stabil pada peringkat pertama dengan penjualan mencapai 18.804 unit, disusul oleh Mitsubishi (9.033 unit) dan Daihatsu (7.588 unit).
Lebih lanjut tentang penjualan Toyota pada segmen sedan bulan Agustus 2008, dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya, Toyota telah mencatatkan kenaikan hingga 140,2%. Kenaikan tersebut lebih besar daripada yang dialami oleh oleh pasar segmen sedan secara nasional, yaitu sebesar 111,3%. Komposisi 3 besar pasar sedan pada bulan Agustus ini adalah Toyota (50,8%), Honda (29,8%), serta Mercedes (5,6%).
Di bulan Agustus ini, Vios mendominasi pasar mini sedan meninggalkan para pesaingnya dengan komposisi pangsa pasar yaitu Vios (55,9%), City (36,2%) dan Baleno (4,1%).
“Dominasi Vios di pasar mini sedan membuktikan bahwa Vios adalah mini sedan yang sangat diminati oleh para konsumen, dengan performa yang bagus dengan dukungan mesin 1NZ-FE yang telah dibuktikan di arena balap, serta konsumsi bahan bakar yang irit, menjadikan Vios sebagai pilihan utama bagi para konsumen yang menginginkan sedan irit tapi berperforma tinggi”. papar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.
Segmen Kendaraan Non-Komersial
Pasar Sedan
Bulan Agustus 2008, di kelas mini sedan Vios mencatatkan penjualan sebesar 522 unit (55,9% m/s). Camry menjadi market leader di kelasnya dengan penjualan mencapai 245 unit (38,1% m/s).
Pasar Kendaraan 4x2
Di kelas 4x2 Low, Avanza tetap memimpin dengan pangsa pasar mencapai 52,9%. Demikian pula Kijang Innova, dengan pangsa pasar 60% di kelas 4x2 Medium MPV. Rush berhasil memimpin pasar 4x2 Medium SUV dengan jumlah unit 1.648.
Pasar Kendaraan 4x4
Produk Toyota di segmen ini, Toyota Fortuner 4x4, tetap menjadi market leader di kelas Medium dengan pangsa pasar 36% pada bulan Agustus 2008.
Segmen Kendaraan Komersial
Penjualan nasional di pasar kendaraan komersial bulan Agustus 2008 mencapai 18.386 unit, di mana Toyota menguasai 9,6% pasar dengan penjualan 1.765 unit. Toyota Dyna adalah penyumbang terbesar penjualan Toyota di pasar ini dengan angka 1.200 unit atau 17% market share kelas truk 2 ton, selain itu Hilux menguasai 19,4% pasar kelas 4x2 Medium Pick-Up dengan penjualan mencapai 565 unit. /PR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar